Wednesday, April 6, 2016

Tugas 1 Bussiness Practice 4

Yo hisashiburi desssuuuuuuuuuu~~~~
pertama - tama owner mengucapkan banyak terimakasih kepada STMIK Asia Malang dan kepada Ibu Nur Hidayah, SE.,MM sekali lagi membuat saya kembali aktif menimba ilmu di dunia kerja dalam matakuliah Bussiness Practice.
udah lama nih ga update blog, akhirnya dikasih kesempatan lagi update blog dengan adanya tugas dari Bussiness Practice 4 yang keren abis.
gimana ga keren? di mata kuliah ini mahasiswa diajarkan bagaimana mengatasi dunia bisnis yang kita semua tau bahwa pelajaran di perguruan tinggi itu bisa dibilang jauh banget dengan dunia kerja. nah di mata kuliah ini itu goalnya adalah "Memperkecil gap antara dunia kerja dengan dunia pendidikan" gimana? keren banget kan ya..

langsung aja deh owner ke point dari tugas ini yaitu semacam laporan kunjungan dari suatu perusahaan (kebetulan owner mendapat kesempatan untuk interview di sebuah perusahaan jasa pengiriman terbesar di Indonesia yaitu PT.Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau yang kita kenal dengan JNE)


Pasti udah banyak yang tau dong JNE layanan pengirimannya apa aja... yaudah deh dijelasin lagi
ada banyak pilihan pengiriman yang ditawarkan oleh JNE berikut listnya :
1. YES  / Yakin Esok Sampai(estimasi 24 jam)
2. REG / Reguler (estimasi 3 sampai 5 hari)
3. Oke (estimasi 6 -10 hari)
4.  GTR (untung pengiriman barang yang lebih dari 10kg)
5.  SS / Super Speed (estimasi 12 jam dengan syarat harus ada Bandara besar yang beroperasi)

nah kan sudah tau apa aja pilihan paketnya, tinggal bagaimana kita menentukan prioritas (tingkat kepentingan paket yang akan kita kirim).

adapun di kesempatan ini owner akan menjelaskan bagaimana prosedur pengiriman barang yang dilakukan oleh JNE :
1.      Customer mengemas kirimannya sendiri
2.      Petugas JNE menanyakan : isi kiriman, alamat kiriman, service yang digunakan (hari sampai yang diinginkan), mengukur berat kiriman, dan nilai kiriman,
3.      Memberitahukan aturan pengiriman dengan jelas, santun dan baik kepada customer : seperti kiriman tidak boleh dikirim, kiriman harus dibuka, kiriman disarankan asuransi, packing kayu dll
4.      Kiriman dikemas dengan 3 jenis plastik (ukuran dokumen kecil, dokumen A4 dan ukuran besar) sesuai dengan ukuran barang
5.      Jika kiriman besar dan tidak cukup dengan plastik JNE yang ada, maka kiriman tidak dikemas ulang, cukup dirapihkan dengan lakban untuk keamanan.
6.      Nomor connote/resi dituliskan dengan rapih (kecil) di kemasan kiriman untuk menghindari terpisahnya dokumen connote dll dengan kiriman
7.      Kiriman diletakan dengan aman di counter/agen/kantor perwakilan/kantor JNE dengan letak yang terpisah antara service SS, YES, REG, OKE, KARGO, TRUCKING, SEPEDA MOTOR.
8.      Barang akan menuju  kantor cabang dan dilakukan pengecekan dan akan diterbangkan ke Jakarta (Pusat).
9.      Saat barang sampai di warehouse (Jakarta) barang akan di sorting menurut tujuan dan jenis jasa yang digunakan kemudian akan diproses ke JNE cabang tujuan

10.  Dari JNE cabang akan diantar menuju tujuan menggunakan kurir.

Jika owner buat SOP nya dalam bentuk flowchart kurang lebih seperti ini :


atau dalam gambar alur bisa digambarkan seperti berikut :

mungkin kali ini hanya ini yang dapat owner postkan, jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisan owner minta maaf sebesar - besarnya dan sekali lagi owner berterimakasih kepada STMIK Asia Malang yang telah mengadakan mata kuliah Bussiness Practice ini dan Ibu Nur Hidayah, SE., MM yang membinging saya dalam menempuh mata kuliah ini, tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada narasumber dan PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir yang telah memberikan ilmu tentang dunia kerja kepada saya dan kelompok saya Jya ne~~~
またあとね~~~:D



No comments:

Post a Comment