Hallo guys, seperti biasa
pada kamis ceria saya akan memposting seminar yang berkaitan tentang BP atau
yang lebih di kenal dengan “Business Practice”. Nah pada kali ini tempatnya
bukan di kampus, tapi acara kita seminar besar dan teman – teman dari luar bisa
mengikuti seminar ini. Seminar kita kali ini berjudul “Developing
Entreprenurial Mindset : How Passion and Innovation Drive Success” yang di
adakan di Hotel Kartika Graha Malang. Dalam seminar ini ada 3 pembicara yaitu
Tanadi Santoso, M. Arief Budiman, dan Ong Eric Yosua. Nah, nanti saya akan
menerangkan sedikit, siapakah para pembicara dalam seminar yang diadakan Kampus
ASIA Malang.
1. Arief Budiman
(Passion & Creativity)
Sebagai
Chief executive officer Petakumpet. Merupakan pembicara topik kreativitas di
lebih dari 400 perusahaan besar antara lain Bank Mandiri, Indosat, Telkomsel,
Telkom, Bank Indonesia, dan lain – lain. Membangun Petakumpet menjadi The Most
Admired Company In The World yang mempunyai ratusan klien antara lain Group
Djarum, Group Kedaulatan Rakyat, Plaza Ambarukmo, Angkasa Pura 1 dan PT.
Lokaniaga Adipertama.
2. Ong Eric
Yosua (Entrepreneurship & Selling Skills)
Peraih
MURI motivator termuda yang berkarya di 4 Negara.
Pengusaha muda, mantan dosen dan motivator yang memulai usaha dari NOL.
3. Tanadi
Santoso (Innovation & Negotiation)
Setelah menyelesaikan pendidikan civil engineering-nya di
Taiwan. Tanadi Santoso membuka toko komputer pada tahun 1986 dan sampai saat
ini Tanadi Santoso juga masih aktif dalam bisnis pendidikan S1 di Malang dan Bali, program
setara D1 di Malang, Madiun, dan Bali; Perusahaan web-design, graphic, dan
multimedia miliknya pun berjalan sukses di Jakarta dan Surabaya; Sandler
Training; Gift Shop Pipiland; Property dan beberapa binis lainnya.
Tahun 2002 sampai saat ini Tanadi Santoso masih aktif
mengisi acara Business Wisdom di Radio Bisnis Pas Fm : Jakarta (92.4), Surabaya
(104.3), Semarang (106.0), Solo (90.9) dan berbagai stasiun radio lainnya.
Berbekal Pengalaman keberhasilan dan kegagalan berbisnis selama lebih dari 25
tahun itu serta Ilmu – ilmu MBA dari University of Chicago, Tanadi Santoso
sering mengadakan Seminar dan In- house Training di berbagai perusahaan
ternama. Sebagai seorang Business Motivational Speaker, Tanadi Santoso selalu
belajar, mengikuti training – training dan meng-update ilmu-ilmu bisnisnya
dengan mengikuti kelas executive education yang diselenggarakan di UC Berkeley
dan Stanford University.
Sebelum seminar di mulai
Pak Tanadi menyampaikan hal – hal yang telah di tempuh Mahasiswa ASIA Malang
baikn STMIK maupun STIE selama 4 Semester.
- Professional mindset : Business Practice 1
- Salesmanship, market research design thinking, business model : Business Practice 2
- Digital marketing : Business Practice 3
- Business functions : Business Practice 4
Dalam seminar ini Bapak
Ong Eric Yosua menyampaikan mengenai My Quantum Leap (Lompatan Jauh ke Depan
Melalui Entrepreneurship), Bapak Arief Budiman mengenai Passion in Business,
dan Bapak Tanadi Santoso mengenai Inovasi atau Mati. Saya akan menshare hasil
rangkuman yang saya dapatkan dari seminar tersebut, tetapi saya hanya
menuliskan hasil seminar dari pembicara Pak Tanadi Santoso karena beliau sudah
30 Tahun berbisnis dan menikmati manis asinnya kehidupan.
Menurut Tal Ben Shahar
orang hebat punya 3 karakteristik yaitu:
- Plin – plan (Janusian Thinking) yaitu berfikir dari 2 pemikiran yang tidak sama, harus 2 garis dan tetap bijaksana pada kebijakan yang ekstrim.
- Contrarian (orang yang melawan arus)
- Beautiful Enemy
Inovasi adalah penemuan yang ditujukan untuk menciptakan
sesuatu yang relatif baru dengan nilai tambah yang lebih tinggi. Inovasi
merupakan gabungan dari berbagai hal-hal lain yang sudah ada. Hasil inovasi
memberi manfaat langsung dan dirancang untuk untuk segera di komersialkan guna
untuk mendapatkan keuntungan, berbeda dengan imitasi, konsep inovasi memasukan
unsur kontribusi asli yang cukup besar, ada dua tingkatan inovasi, yaitu
inovasi inkremental dan inovasi radikal.
- 1novasi Inkremental Inkremental berarti ada sesuatu yang bertambah atau meningkat karena kegiatan inovasi, tetapi pada dasarnya tidak terlalu jauh dari ide produk yang sudah ada sebelumnya. Pada inovasi jenis ini tidak ada yang sangat berbeda antara hasil inovasi dan produk yang mendasarinya.Walaupun demikian, inovasi inkremental sering menghasilkan nilai tambah yang signifikan bagi penggunanya. Jadi, nilai tambahnya bisa tinggi tetapi perbedaan pada produknya relatif tidak besar. Inovasi inkremental sering sulit di bedakan dengan imitasi superior.
- Inovasi Radikal Inovasi radikal berbeda dengan inovasi inkremental,inovasi radikal memberikan lonjakan signifikan dalam benefit atau nilai yang ditawarkan, demikian pula dengan keaslian ide yang mendasarinya. Perbedaan nilai hasil inovasi ini bagi pemakainya bisa cukup mengejutkan.Inovasi radikal akan mendorong inovasi inkremental dan berbagai jenis imitasi dengan segera.
4 elemen dalam inovasi,
yaitu :
- People / Manusia
- Value / Nilai Lebih
- Implementation / Implementasi
- New Idea / Ide Baru
Thought /Pikiran => Feeling / Perasaan => Action / Tindakan == Result / Hasil
Kita semua perlu
‘kotak’ untuk berpikir. Berpikir di luar kotak
memberikan kesempatan baru. Berpikir
dengan kotak yang sama, akan menghambat kemajuan. Kita perlu menciptakan
kotak baru. Ketika kita tidak mendapatkan jawaban atas permasalahan
yang kita hadapi, maka kita harus merubah pertanyaan tersebut. Dan
terakhir kata - kata dari Martin Luther King Jr. dapat mengispirasi hidup kita :
"Jika
seorang menjadi penyapu jalanan, ia haruslah menyapu jalan seperti Michaelangelo melukis, atau Beethoven menyusun music atau Shakespeare menulis. Dia harus menyapu
jalanan dengan baik sehingga semua penghuni surga dan bumi akan berhenti sejenak untuk mengatakan, "Di sini ada penyapu jalanan hebat yang telah melakukan pekerjaannya dengan sangat baik."
jalanan dengan baik sehingga semua penghuni surga dan bumi akan berhenti sejenak untuk mengatakan, "Di sini ada penyapu jalanan hebat yang telah melakukan pekerjaannya dengan sangat baik."
No comments:
Post a Comment